Sabtu, 24 Desember 2011

Pemecahan Masalah


DEFINISI PEMECAHAN MASALAH
Problem solving atau Pemecahan Masalah adalah kemampuan berpikir yang utama karena hal itu meliputi cara berpikir yang lainnya: berpikir kreatif  dan analitis untuk pembuatan keputusan.
1.      Berpikir Kreatif, adalah berpikir yang memberikan perspektif baru atau  menangkap peluang baru sehingga memunculkan ide-ide baru yang belum pernah ada. Kreatif tidak hanya demikian tetapi kreatif juga sebuah kombinasi baru yaitu kumpulan gagasan baru hasil dari gagasan-gagasan lama.menggabungkan beberapa gagasan menjadi sebuah ide baru yang lebih baik.
2.       Berpikir Analitis, adalah berpikir yang menggunakan sebuah tahapan atau langkah-langkah logis. Langkah berpikir analitis ialah dengan menguji sebuah pernyataan atau bukti dengan standar objektif, melihat bawah permukaan sampai akar-akar permasalahan, menimbang atau memutuskan atas dasar logika.
Kedua cara ini tidak saling bertentangan, tetapi saling melengkapi sesuai konteksnya. Sebagai contoh Anda perlu berpikir kreatif dalam memecahkan sebuah persoalan, namun anda juga perlu berpikir Analitis untuk memutuskan mana yang terbaik diantara kemungkinan kreatif anda.
PROSES PEMECAHAN MASALAH
1.      Penafsiran Masalah : Disebut juga dengan mendefinisikan masalah dengan cara berpikir kreatif
2.      Strategi Pemecahan Masalah : Membuat seleksi terhadap strategi pemecahan masalah yang terbaik
BEBERAPA STRATEGI PEMECAHAN MASALAH YANG SERING DIGUNAKAN
·         Trial and error : Membutuhkan waktu yang lama.
·         Informational Retrieval : mendapatkan kembali informasi untuk pemecahan masalah dengan cepat.
·       Algoritma : suatu metode pemecahan masalah yang menjamin suatu pemecahan masalah jika tersdia kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkannya.
·         Heuristic : membantu untuk menyederhanakan masalah, dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu. Ada empat metode Heuristic yaitu:
1.      Hill Climbing  : suatu stategi heuristic dimana setiap langkah menggerakkan secara progersif untuk lebih dekat pada tujuan akhir.
2.      Subgoals : metode pemecahan suatu masalah dengan menjadikannya lebih kecil atau menjadi bagian-bagian, dimana-mana masing-masing tersebut bertujuan untuk mempermudah pemecahan.
3.      Mean and Analysis : suatu stategi heuristic yang sasarannya untuk mengurangi perbedaan antara situasi yang terjadi dengan tujuan yang diinginkan melalui perantara suatu cara.
4.      Working Backward : suatu stategi heuristic dimana kita harus bergerak mundur dari tujuan kita dalam keadaan-keadaan tertentu.
http://psikologi.or.id

1 komentar:

  1. Live score prediction and prediction for today matchpoint
    Matchpoint Prediction & Prediction | planet win 365 Latest Football 온카지노 Scores, Live Draw, Statistics and matchpoint Live Statistics on Lottoland365.com. Check our live score predictions to see the

    BalasHapus